Kamis, 02 April 2020

Allah yang Menjaga Al-Quran

"Sungguh Kami telah menurunkan Adz-Dzikr (Al Qur’an), dan Kami pula yang benar-benar akan menjaganya“. (QS. Al-Hijr: 9).

Sempat bertanya-tanya bagaimana mungkin Al-Quran dapat terjaga keasliannya lebih dari 14 abad yang lalu sejak ia diturunkan. Sebagai umat muslim sudah seharusnya kita mengimani hal tersebut, karena janji itu dinyatakan langsung oleh Allah.

Penjagaan Allah terhadap Al-Quran tidak hanya terbatas pada maknanya saja, per surat maupun per ayat, tetapi justru per hurufnya. Hal itu diungkapkan oleh para hafidzullah yang sangat intim interaksinya dengan Al-Quran. Selalu akan ditemukan jika terjadi kekeliruan yang terkandung di dalamnya.

Cara penjagaan Allah pun akan semakin kita yakini ketika kita membaca kisah sahabat Rasulullah, Zaid bin Tsabit Al-Anshari. Berawal dari keinginan kuatnya bergabung diantara pasukan muslimin untuk menegakan panji islam namun dihadapkan penolakan yang halus dari Rasulullah karena usianya yang belum mumpuni.

Rasa sedih dan kecewa Zaid tidaklah mematahkan semangatnya menjadi pendukung Rasulullah, kemudian ia berpaling dari kesempatan tersebut dan mengambil posisi lain untuk berperan. Ia kemudian berusaha menghafal dan memaknai kandungan wahyu Allah yang hingga saat itu disampaikan Rasulullah kepada kaum muslimin. Selain pandai dalam menghafal, Zaid juga memiliki kemampuan menulis dan membaca yang sangat baik.

Kecerdasan Zaid pun disambut oleh Rasulullah, sang ummi yang tidak mengenal huruf. Setelahnya Zaid selalu menjadi orang pertama yang diminta Rasulullah untuk menuliskan setiap wahyu yang baru sampai kepadanya. Tidak hanya itu, dalam perkembangannya Zaid pun memiliki kemampuan untuk menerjemahkan ayat-ayat wahyu tersebut ke berbagai bahasa di antaranya adalah bahasa Ibrani yang digunakan kaum Yahudi. Posisinya pun bertambah menjadi "penerjemah Rasulullah" dalam hubungannya menyampaikan dakwah islam kepada raja-raja di masa itu. Sepeninggalan Rasulullah pun Zaid lah orang pertama yang akan ditanyai pendapatnya terkait kandungan Al-Quran.

Tentulah Zaid bin Tsabit ini adalah orang yang telah dipilih Allah sebagai salah satu penjaga Al-Quran, dan masih banyak lagi sosok-sosok lain setelahnya. Maka hal ini adalah bukti nyata bahwa Allah benar-benar menjaga Al-Quran tanpa perlu diragukan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar