Kamis, 18 Juni 2020

Teka-teki dalam Penemuan Diri sebagai Seorang Ibu

Menjadi seorang ibu adalah proses yang tidak akan pernah ada henti. Meskipun sudah banyak sosok-sosok ibu yang dapat kita temui, namun tidak ada satupun darinya yang identik dapat kita tiru. Alasannya adalah karena kitapun dihadapkan dengan keluarga yang selalu berbeda satu sama lainnya.

Kita mungkin dapat mengambil kebaikan-kebaikan yang kita amati dari orang lain, namun selalu ada penyesuaian yang harus kita lakukan dalam menerapkannya kedalam diri kita. Beruntunglah atas hal ini, sehingga tidak seharusnya kita dapat mengklaim atau menilai seseorang sudah menjadi diri yang paling baik ataupun diri yang paling buruk.

Pun dalam hal menjadi seorang ibu. Konsep yang kita ambil dari seseorang yang sudah sukses mendidik anaknya tentu akan merdampak berbeda jika diterapkan pada diri kita. Karenanya tidak mudah kita menemukan konsep yang paling tepat untuk keluarga kita. Namun semuanya dapat dimulai dari connecting the dots  menyelami diri sendiri sebagai ibu. Berikut beberapa pertanyaan yang akan saya jawab dari kelas Matrikulasi Ibu Profesional berkaitan dengan hal ini.

Seperti Apa Aku Ini?

Saya adalah seorang ibu yang tidak sempurna. Namun saya ingin sekali mencurahkan kemampuan diri saya untuk menjadi istri terbaik bagi pasangan dan ibu terbaik bagi anak-anak. Saya berharap bisa bersabar, istiqamah dan bertumbuh dalam membersamai masa emas anak-anak sehingga saya tidak akan meninggalkan mereka dalam keadaan lemah dikemudian hari. 

Nilai-nilai Apa yang Aku Miliki?

Segala hal yang saya lakukan selalu diupayakan untuk memiliki landasan dan pedoman yang tepat. Bagi seorang muslim tentu yang sesuai syariat islam, karena saya berkeyakinan bahwa amanah menjadi seorang ibu bukan hanya hal yang akan didapatkan hasilnya di dunia tetapi juga akan dipertanggungjawabkan dan diraih hasilnya di akhirat kelak.

Apa yang Aku Perjuangkan?

Hak dari setiap anak adalah mendapatkan pendidikan terbaik dari orang tuanya. Karenanya kita juga diberi hak atas bakti anak-anak kita. Bakti seorang anak ini akan sejalan dengan apa yang sudah kita tuangkan ke dalam diri mereka, yang terlahir dengan fitrah-fitrah yang perlu kita pelihara. Tentu kelak saya ingin menjadi orang tua yang didoakan oleh anak-anak yang sholeh. Dan dari anak-anak kita pula akan terlahir peradaban yang kuat dan memberikan pengaruh baik bagi sekitarnya. Dan semuanya dimulai dari seerapa serius kita memprogram mereka menjadi pribadi-pribadi hebat.

Apa Yang Membuatku Unik?

Saya adalah seorang peniru yang ingin menjadi diri sendiri, berupaya untuk selalu senang berbagi dan selalu senang jika ada yang merasakan manfaat dari apa yang saya bagikan. 

Apa Kesamaanku dengan Institut Ibu Profesional?

Institut Ibu Profesional memberikan saya tempat untuk belajar dan berbagi.

#navigasidanberaksi
#matrikulasibatch8
#institutibuprofesional
#belajardarirumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar