Jumat, 19 Juni 2020

Mengenal Para Khalifah: Layaknya Surga untuk Mereka


Alhamdulillah akhirnya bisa menyelesaikan buku setebal 435 halaman ini. Meskipun buku terjemahan ini ada beberapa kata yang sulit dicerna, tetapi sangat disayangkan rasanya jika harus melewatkan setiap kisahnya.

Review buku ini sepertinya akan sangat panjang, mengingat aslinya buku ini adalah empat jilid yang digabung kedalam satu buku. Dan sebenarnya hampir dua bulan pun saya harus menyelesaikan membacanya. Singkatnya buku ini membuat saya menyelami bagaimana perjuangan mereka semasa hidupnya tidaklah mudah sehingga sungguh layak balasan surga bagi mereka, The Great Leaders: Khulafaur Rasyidin.

Abu Bakar Ash-Shiddiq

Abu Bakar adalah orang yang selalu membenarkan apapun yang dikatakan Rasulullah sehingga dibeeikan gelar ash-shiddiq, hal tersebut adalah buah dari keimanannya yang sangat kuat kepada Allah dan Rasulullah.

Abu Bakar adalah sahabat Rasulullah yang mengenal Rasul dari sejak sebelum mengemban risalah, tepatnya ketika mereka sering berinteraksi dalam hal perdagangan ke Syam.

Ash-Shiddiq adalah orang yang sudah yakin akan hadirnya Nabi terakhir sebelum sosok tersebut  benar-benar hadir. Abu Bakar adalah sahabat yang paling sering membersamai Rasulullah. Kemanapun Rasulullah pergi, hampir selalu saja ada Abu Bakar di sampingnya. Ia pun selalu berada dibarisan terdepat dalam berlomba melakukan kebaikan dan panutan dalam berakhlak mulia.

Jiwa, raga, harta bahkan seluruh waktu Abu Bakar seolah-olah diserahkan untuk urusan dakwah islam sejak ia membenarkannya. Abu Bakar sangat mencintai Rasulullah, pun sebaliknya. Sampai-sampai hal tersebutlah yang membuatnya melebihkan Aisyah bin Abu Bakar di atas istri-istrinya yang lain. Hal ini pernah ditanyakan istrinya yang lain, kurang lebih pertanyaannya seperti ini, "mengapa engkau melebihan Aisyah dari istri-istri yang lain?" kemudian Rasulullah pun menjawab, "karena Aisyah anaknya Abu Bakar." Bukankah ini menunjukkan seberapa besar rasa cinta Rasulullah atas Abu Bakar? Sampai-sampai ia sepenuh hati mencintai puterinya. Kisah cinta yang romantismenya dikenal hingga sekarang.

Abu Bakar adalah satu-satunya khalifah Rasulullah yang meninggal tidak dalam keadaan syahid di tangan orang kafir. Karena ia meninggal setelah sakit demam selama 15 hari.

Umar bin Khattab

Umar bin khattab tabiat dasarnya keras, pemarah, dan pendendam.. tapi justru itulah karakter kuatnya. Tapi ternyata ia luluh hanya karena sebuah lantunan Al-Quran. Karakter kuat Umar yg membuat islam tersebar lebih luas sepeninggalan Rasulullah. Bahkan Rasul pernah berkata, "jika saja ada nabi setelahku, ialah Umar."

Sekeras-kerasnya Umar ia sadar bahwa tabiatnya keras dan sewaktu-waktu membahayakan apalagi sebagai pemimpin. Maka ia sering berdoa untuk dilembutkan hatinya. Bahkan ia meminta dengan terbuka untuk dikritik rakyatnya.

Sekeras-kerasnya umar, ia sangat keras dalam urusan dirinya sendiri. Tapi sangat lembut dalam urusan orang lain.

Sampai-sampai seotang Utsman pun tidak sanggup menapaki kehidupan seperti Umar. Dalam hal makanan umar terbiasa dengan makanan kasar, pakaian hanya tambalan, bahkan Umar akan tidur lelap hanya di bawah sebuah pohon. Hidup yang sederhana dan sulit. Sampai-sampai Utsman bertanya, "Siapa yang mampu hidup seperti Umar?" Sebuah pertanyaan sekaligus pernyataan bahwa dirinya tidak akan sanggup.

Utsman bin Affan

Seorang penderma yang mau berdagang dengan perkara akhiran, ialah Utsman bin Affan lah orangnya. Seseorang yang yang berkedudukan tinggi di tengah kaum Quraisy ini adalah orang yang sangat rupawan, baik akhlaknya, dan sangat dicingai kaumnya.

Namun semua berubah sejak ia memutuskan untuk menjadikan islam sebagai jalan hidupnya. Tidak sedikit kehadirannya menjadi berbalik ditolak oleh kaumnya. Posisi yang sulit jika saja ia bukanlah seseorang yang kokoh imannya.

Utsman adalah suami dari dua anak Rasulullah. Sampai-sampai Nabi pernah berkati, jika saja masih ia masih memiliki anak perempuan tentu ia akan menikahkannya dengan Utsman bin Affan.

Dalam masanyalah bid'ah hasanah pengumpulan mushaf Al-Quran dilakukan. Buah karyanya telah menghadirkan kemudahan bagi kita untuk membuat Al-Quran dihadirkan di setiap rumah. Karenanya, setiap kali kita membaca mushaf tentulah akan menjadi jariyah yang mengalir bagi pengumpulnya.

Amal jariyah Utsman adalah bukti nyata bahwa ia akan tetap mengalir meskipun penebarnya sudah tiada. Pun demikian dengan sumur Utsman di Madinah, ia adalah sebuah wakaf yang tetap hadir lebih dari seribu tahun setelah dikeluarkan pemiliknya. Bahkan hingga sekarang pun masih hadir sebuah hotel wakaf yang makmur dimanfaatkan atas namanya.

Kedermawanan-kedermawanan yang pernah dikeluarkan Utsman bukan main sangatlah tinggi nilainya. Sampai-sampai Ibnu Abbas pernah bermimpi dalam tidurnya, "Ibnu Abbas, hari ini Utsman telah mengeluarkan sedekah dalam jumlah yang sangat banyak, dan Allah telah menerima sedekahnya itu, sekaligus menikahkannta dengan seorang bidadari di surga. Dan aku bergegas karena diundang menghindari pesta peenikahannya."

Ali bin Abu Thalib

Ali bin Abu Thalib adalah putra pamannya yang hidup bersama Rasulullah dengan dalam rangka mengurangi beban sang paman, Abu Thalib. Keadaan tersebut menjadikan Ali sebagai orang yang mendapat sentuhan pendidikan langsung Rasulullah.

Ali pun besar dengan ketajaman pemikiran. Di masa Umar pun, pemikiran seorang Ali bin Abu Thalib lah yang dapat membuat Amirul Mukminin Umar bin Khattab mengurungkan beberapa kebijakannya.

33 komentar:

  1. MasyaaAllah
    Anak2 memang perlu dikenalkan dengan kiah2 paranabi dan sahabat y Mb sehingga tidak salah mengidolakan, apalagi karakter mereka juga tidak lekang oleh waktu, bisa diaplikasikn d zmn apa pun

    BalasHapus
  2. The Great Leaders: Khulafaur Rasyidin....Pastinya setelah membaca buku ini kita makin termotivasi pun bisa mengambil teladan pada perjuangan mereka semasa hidupnya tidaklah mudah sehingga sungguh layak balasan surga bagi mereka.

    BalasHapus
  3. MasyaAllah
    langsung pengen beli bukunya kak. buku yang sangat luar biasa
    lengkap sekali rangkuman cerita sahabat-sahabat Rasulullah ini

    BalasHapus
  4. Masha Allah, saya suka sekali membaca kisah2 seperti ini. Kalo baca cerita2 zaman Rasul suka mewek sendiri, terharu ada orang2 sebaik beliau-beliau ini 😭

    BalasHapus
  5. baca-baca ini ajid ingat pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam saat SMP, kebetulan saya sekolah SMP-nya sekolah Islam jadi belajar tentang Khalifah-khalifah ini, terima kasih kakak sudah mengingatkan soal ini

    BalasHapus
  6. Wah buku yang cukup tebal, apalagi terjemahan.
    Saya sering nyerah memahami baca buku terjemahan.

    Btw, 4 sahabat ini memang sangat inspiratif.

    BalasHapus
  7. Wah jadi penasaran dengan bukunya. Pastinya banyak kisah inspiratif yang bisa dijadikan teladan buat kita. Saya harus nabung nih buat beli bukunya. ..

    BalasHapus
  8. Memang bahas khulafaur rasyidin nggak ada habisnya ya mbak. Byk bgt pelajaran yg bisa kita ambil dan kita terapkan di kehidupan sehari2. Terima kasih sudah mengingatkan kisah2 khulafaur rasyiddin mbak :)

    BalasHapus
  9. Mbak, pengen tak kasih semangat biar nulisnya tambah panjang. Hehehe soalnya aku gag bosen baca nyimak cerita sahabat2nya Rasul gini. Apalagi nyimak Utsman dan Umar. Subhanallah.......

    BalasHapus
  10. Masya Allah, para khalifah ini termasuk assabiqunal awwalun ya mba, sehingga ketaatannya pun terhadap Allah dan rasul pun sudah teruji. Selalu kagum dengan pembuktian amal dan ilmu mereka, serta pantas untuk dijadikan teladang sepanjang hidup.

    BalasHapus
  11. Sosok idolaku adalah Abu Bakar Assidik, semoga kita semua bisa mengambil teladan dari para pemimpin Islam terdahulu yaitu Para Khalifah.

    Masih menunggu Indonesia memiliki pemimpin seperti para Khalifah biar bisa makmur.

    BalasHapus
  12. Banyak teladan yang dapat kita ambil dari perjalanan hidup para sahabat Nabi. Kecintaan mereka kepada Rasulullah SAW dan kesanggupan mereka membela Rasulullah SAW. Mereka akan selalu berada di garda terdepan membela Nabi Muhammad SAW.

    BalasHapus
  13. Kisah para khulafaur Rosyidin atau para pengganti yang selalu mendapat petunjuk ini merupakan kisah yang harus terus diceritakan pada anak-anak kita. Banyak nilai-nilai moral yang bisa diajarkan dari sifat para sahabat yang disebutkan disana.

    BalasHapus
  14. Aku dua kali mampir sini. Hehehe... Sekarang PRku mengenalkan tokoh-tokoh itu ke anakku. lagi cari medianya. semoga dimudahkan. Amiinn...

    BalasHapus
  15. Keren bukunya.. Mudah dicerna anak-anakkah? Kalau mereka membacanya sendiri

    BalasHapus
  16. Masya Allah... sungguh orang-orang istimewa ya mbak. Allah jadikan mereka sebagai orang-orang terpilih yang ada di lingkaran terdekat Rasulullah. Semoga kita dimudahkan untuk menauladani keluhuran pribadi beliau semua.

    BalasHapus
  17. Umar dan Ali adalah 2 nama anak² saya mbak, saya meyukai nama² tersebut berharap kelak anak² saya juga punya sifat seperti yang tertulis diatas. Terima kasih mbak sudah membuat review buku ini, ditunggu review buku lainnya ya♥️

    BalasHapus
  18. Saya lagi mau belajar ini bersama anak-anak mba. Biar anak-anak sudah mengetahui sejarah agamanya sejak dini. Terima kasih atas sharingnya. Sepertinya buku ini recomended banged buat koleksi di rumah.

    BalasHapus
  19. masyallah, sudah lama sekali saya enggak baca kitab tentang sahabat nabi. semenjak pandemi dan kajian banyak diliburkan, jadi jarang murojaah nih, makasih mba tulisannya jadi ajang murojaah tentang sahabat nabi nih. kereeen

    BalasHapus
  20. Masya Allah.. Sy belum punya bukunya nih, Mbak. pengen punya supaya bisa diceritakan pada anak-anak. Kemarin sempet beli buku-buku komik Shalahuddin. Anak-anak senang sekali dengan kisahnya. Next harus punya buku ini juga buat mereka.

    BalasHapus
  21. Membaca kisah tentang sahabat2 nabi ini bikin saya teringat dengan orang-orang bernama sama yang saya kenal, terutama Umar bin khattab, Ustadz saya mengaji waktu kecil dulu bernama Ustadz Umar, orangnya keras, dikenal sebagai Ustadz yang kejam dan galak terutama soal mendidik murid2 yg sudah bhalig atau yang melanggar peraturan, tapi ketika diluar urusan itu orangnya sangat lembut dan baik hati. Karena saya tuh jadi teringat, setiap ada acara atau pengajian di masjid. Untuk semua urusan selalu anak2 yang di dahulukan, yang dewasa belakangan, dan yg bikin saya kagum, karena anak2 Ustadz Umar (ustadzah2) jg sering ditugaskan jadi panitia, mereka pun sama selalu mengutamakan anak-anak terlebih dahulu. Hal yg waktu kecil jarang saya liat di masjid2 lain disini (pernah bertualang dari masjid ke masjid soalnya 😂😅). Karena biasanya diabaikan atau di remehkan dan yang dewasa atau berkedudukan yg di dahulukan.

    BalasHapus
  22. Masyaa Allah, saya belum punya buku ini nih mbak. Padahal lagi pingin nyusun cernak tentang mereka. Jadi pingin pumya juga untuk bahan referensi.

    BalasHapus
  23. Sahabat-sahabat rasullalh yang selalu berjuang di sisinya, tanpa lelah dan rela mengorbankan nyawa demi islam. Banyak yang dapat dipelajari dari hidup para sahabat nabi. Buku yanh sangat bagus nih, Mba.

    BalasHapus
  24. Saya suka banget membaca kisah para sahabat, termasuk kisah Khulafaur Rasyidin.Membaca kisah mereka membuat kita terinspirasi betapa besarnya kecintaan maupun pengorbanan mereka untuk Allah dan Rasul-Nya.

    BalasHapus
  25. Banyak ibroh jika kita berkaca pada kisah2 nabi dan para sahabatnya. 4 sahabat nabi ini orang2 liar biasa. Salut mbak bisa menamatkan 400 halaman sirah. Saya selalu merasa bosan kalau baca sirah. Entah karena bukunya, atau memang sayanya yang gak suka.

    BalasHapus
  26. Saya selalu suka membaca tentang sahabat Rasulullah. Tapi belum pernah bisa menamatkan sirah, jadi ya suka baca sepiring-sepotong gini. Di setiap yang saya baca pasti selalu ada pelajaran dan hal baru yang saya dapatkan. Makasih sharingnya, Mbak.

    BalasHapus
  27. wah aku belum baca ya buku ini jadi penasaran. aku suka banget cerita umar bin khattab, smp nonton filmya dulu di mnc tv yaa

    BalasHapus
  28. Saya suka bgt dengan sirah nabawiah. Sejarah islam mulai dari Rasulullah hingga masa kekhalifaan. Buku ini bisa jadi rekomendasi buat saya ya. Note

    BalasHapus
  29. Saya pakai artikel ini untuk bercerita kepada anak-anak saya ya mbak. Terima kasih banyak.

    BalasHapus
  30. Perlu banget artikel seperti ini up lagi, agar kita selalu mengingat dan bisa meneladani khulafaur rasyidin

    BalasHapus
  31. keren mbak bukunya, pengen nyari dan beli buat bacaan keluarga niy mbak. makasih banyak atas sharingnya ya mbak, contoh teladan yang tak lekang oleh jaman.

    BalasHapus
  32. Mempelajari sejarah islam memang menyenangkan mbak, tapi yang bikin saya tragis itu anak milenial sekarang lebih mengagumi tokoh drakor daripada tokoh sesungguhnya dalam islam. Padahal keberanian nyata adanya daripada opa korea

    BalasHapus
  33. Masya Allah memang para Khalifah penerus pemerintahan Rasulullah Saw. Keempatnya memiliki keunggulan masing-masing. Semuanya cerdas, baik hati, kharismatik dan teguh imannya 😍

    BalasHapus