Selasa, 31 Maret 2020

Menggugah Para Orang Tua untuk Memahami Perannya


Semoga kita bukan orang tua yang mengambil perannya tanpa ilmu. Karena memang tidak ada sekolah formal untuk mengemban profesi sebagai orang tua. Padahal menjadi orang tua tidak hanya akan menhai hasilnya di dunia, tetapi juga bisa menjadi bekal yang sangat berat timbangannya untuk mendapatkan kemuliaan di hari akhir.

Sudah sering kita mendengarkan ungkapan bahwa setiap orang tua menginginkan anaknya menjadi saleh, tapi sedikit sekali yang memahami bahwa kesalehan orang tua justru merupakan peran multidimensi yang dapat menjadi kebaikan bagi anak-anaknya. Harapan yang sederhana namun sangat majemuk dalam prakteknya.

Semua hasil akhir itu dimulai sejak kita mempersiapkannya. Yaitu sejak memantaskan diri untuk menjadi pemimpin bagi orang bertaqwa, memilih pasangan, mengikhtiarkan keturunan terbaik, ilmu mendidik dan segala pendukungnya. Yang tidak boleh dilupakan juga adalah mencari landasan tepat dan melibatkan sang penguasa semua makhluk di atas segalanya.

Buku di tangan saya ini dapat menjadi salah satu nutrisi bagi keilmuan kita yang sedang melakukan usaha terbaik menjadi orang tua. Meskipun judulnya baru "Sentuhan Parenting" semoga bisa menjadi bahan bakar yang membuat sebuah kendaraan mampu memutarkan rodanya.

Judul: Sentuhan Parenting 
Penulis: Budi Ashari, Lc 
Penerbit: Pustaka Nabawiyyah 
Jumlah Halaman: 241

Buku ini adalah kumpulan tulisan Ustadz Budi Ashari di web www.parentingnabawiyah.com yang sangat harus dimiliki bagi setiap keluarga. Supaya setiap kali semangat kita kendor atau lupa arah bisa kembali menjadi pengingat.

Terdiri dari tujuh pengelompokan tema yang sangat penting, yaitu:

1. Begin With the End
2. Setiap Anak Harus Lahir Kembar
3. Ayah, Ayat Allah di Bumi
4. Ibu, Pulanglah
5. Generasi Izzah, Bukan Imma'ah
6. Agar Nasehat Untuk Anak Bekerja Dahsyat
7. Terkadang, Keras itu Bukti Sayang

Semoga buku ini bisa jadi awal perubahan ke arah yang lebih baik di setiap rumah-rumah. Agar generasi gemilang tercipta karena kesadaran para pendidik utamanya, yaitu para orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar