Selasa, 18 Februari 2020

Cinta Nabi Sejak Dini

Judul: Muhammad Nabiku
Penulis: Aminah Ummu Tazkiya
Penerbit: Pustaka Imam Asy-Syafi'i
Jumlah halaman: 147 halaman

Betapa bahagianya mendengar ucapan istimewa "aku cinta rasulullah" dari anak kita. Karena jika sudah tumbuh rasa cinta kepada rasulullah sejak dini, merupakan satu kunci bahwa ia pun akan senang menjalankan segala risalah yang disampaikannya. Karena iman itu akan tumbuh dengan adanya rasa cinta. Rasa cintalah yang membuat seseorang akan merindukan segala sesuatu. Rasa cintalah yang akan membuat seseorang melakukan apapun untuk hal yang dicintainya.

Rasa cinta memang akan tumbuh jika dipupuk dan disirami secara terus menerus. Pun demikian terkait kecintaan anak kita kepada rasulullah. Manusia yang mulia dan panutan utama umat islam tersebut sangat patut kita cintai, meskipun tanpa pernah kita menemuinya.

Membersamai ananda membacakan kisah rasulullah menjadi sangat berharga karena dilandasi tekad untuk menumbuhkan keimanan pada dirinya. Buku di tangan saya ini sangat membantu dan layak menjadi rekomendasi para orang tua yang juga ingin menumbuhkan kecintaan kepada rasulullah sjak dini.


Harga dari buku ini sangat terjangkau tetapi isinya sangatlah mahal. Setiap halaman disajikan penuh warna dengan gambar yang sangat menarik. Meskipun buku ini ditujukan untuk usia delapan tahun ke atas (8+), namun sangat ramah untuk dibaca usia berapapun. Si kakak yang belum genap empat tahun pun meminta dibacakan berulang kali, tidak ada bosan-bosannya.

Ceritanya dibuat berurutan sebanyak 56 chapter dari sebelum rasulullah lahir hingga ia meninggal. Dari keseluruhan fase kehidupan rasulullah, kisah-kisah istimewa dalam buku ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Periode Makkah: Akhlak dan Wahyu
  2. Periode Makkah: Dakwah dan hikmah
  3. Periode Madinah: Jihad dan Izzah

Pada bagian pertama dibagi kembali menjadi 10 chapter, mulai dari Masa Menanti Nabi Terakhir hingga Wahyu Pertama di Gua Hira. Sedangkan pada bagian kedua dibagi kembali menjadi 14 chapter, mulai dari masa Muhamad Sang Raul hingga Perjanjian Aqabah Kedua. Kemudian pada bagian terakhir dibagi menjadi 32 chapter, mulai dari masa Hijrah ke Kota Madinah hingga selesai.

Setiap kata yang disajikan dalam buku ini sarat hikmah dan berdasarkan dalil-dalil yang shahih. Membaca dan memaknai perjalanan hidupnya dari awal hingga akhir membuat kita semakin merindukan masa-masa ketika ia hidup di antara kita. Membuat kita mengetahui bahwa perjalanan hidupnya tidak mudah dan penuh perjuangan.

Semoga ikhtiar kita menyampaikan cerita perjalanan hidup rasulullah terwakilkan dengan hadirnya buku ini. Di akhir buku ini ada beberapa konten edukatif yang dapat digunakan orang tua supaya lebih interaktif bersama ananda. Dan yang terpenting semoga kita semakin semangat untuk belajar mempelajari lebih lanjut kisah-kisahnya yang masih banyak dan belum tertuang di buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar