Kamis, 13 Februari 2020

Guru, Awal dari Lahirnya Peradaban


Buku ini berhasil memberikan tambahan motivasi bagi saya untuk bervisi jauh dalam mendidik keluarga. Karena menjadi guru bagi anak-anak kita tidak hanya sekedar membuatnya pandai berbicara dan menghafal nama-nama benda di sekitarnya.
Judul: Kiat Menjadi Guru Keluarga
Penulis: Dr. Afian Husaini 
Penerbit: Pustaka Arafah 
Jumlah Halaman: 100 halaman
Bung Hatta pernah menyatakan bahwa mendidik satu laki-laki sama dengan mendidik satu manusia sedangkan mendidik perempuan sama dengan mendidik satu generasi. Hal ini akan senada jika kita mendidik wanita yang dapat menjadi guru bagi keluarganya.

Dalam buku ini lebih luas dipaparkan bahwa sebuah bangsa akan maju jika ada guru yang siap berkorban di dalamnya. Dan apa jadinya jika guru-guru seperti yang dimaksud tersebut hadir disetiap rumah? Bukankah menjadi mungkin dengannya akan terlahir generasi baru sekualitas 'Salahudin Al-Ayyubi'.

Karena di balik penaklukan Al-Aqsa dari pasukan Salib bukan semata-mata karena peran seorang Salahudin Al-Ayyubi. Ada sosok yang sudah berhasil mendidik generasi pejuang dibelakangnya, yaitu peran seorang Imam Ghazali dalam merubah pemikiran, akhlak, dan diri manusia pada generasi saat itu.

Dari pengaman Dr. Afian Husaini yang lama berada di dunia pendidikan, ia menyebutkan ada enam materi pokok yang penting menjadi bekal orang tua untuk menjadi pendidik keluarga, yaitu:
1. Islamic Worldview
2. Pendidikan Anak
3. Fiqhud Dakwah
4. Fiqih Keluarga
5. Tantangan Pemikiran Kontrmporer
6. Sejarah Peradaban Islam

Mendidik generasi pejuang dari rumah menjadi lebih urgen diterapkan. Karena dunia pendidikan dewasa ini lebih cenderung memisahkan urusan agama dari kehidupan. Padahal agama adalah pokok dari pembentukan akhlak. Sistem pendidikan saat ini lebih memusatkan tujuan akhirnya untuk menghasilkan pekerja, bukan mengarusutamakan pembentukan manusia terbaik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar