Kamis, 14 Mei 2020

Menyelami Core Value Seorang Ibu

Seseorang tidak mungkin dapat berdampak besar jika tidak memiliki nilai-nilai yang dibesarkannya. Pun demikian dengan seorang ibu. Meskipun sudah menikah dan memiliki anak, seorang perempuan yang bermetamorfosis menjadi seorang ibu sebaiknya tidak meninggalkan nilai-nilai dirinya. Justru jika dapat bertumbuh dengan nilai-nilainya, seseorang akan memiliki dampak yang lebih besar dalam proses metamorfosisnya.

Seperti seekor kupu-kupu, yang awalnya hanyalah seekor ulat yang tidak begitu indah wujudnya. Ia pun hidup sebagai makhluk melata, jauh dan harus bersusah payah untuk berada dalam ketinggian. Namun setelah berlama-lama puasa dalam balutan kepompong, ia berubah menjadi makhluk indah. Tidak hanya itu, kehidupan berubah drastis dari binatang melata menjadi makhluk yang mampu terbang di dalam ketinggian.

Institut Ibu Profesional memberikan saya pelajaran untuk menjadi seorang yang membesarkan nilai diri dengan core value:

  1. Belajar
  2. Berkembang
  3. Berkarya
  4. Berbagi
  5. Berdampak

Kali ini secara khusus saya ingin membuat sebuah catatan harta karun yang didapat terkait core value belajar.

Belajar atau menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap orang maka kemudian disebut fadhu. Imam Gazali mengungkapkan bahwa ilmu terdiri dari dua jenis, yaitu ilmu fadhu 'ain dan ilmu gardhu kifayah. Ilmu fadhu 'ain adalah ilmu yang harus dimiliki setiap orang sedangkan ilmi fardhu kifayah adalah ilmu yang hukumnya menjadi tidak wajib jika sudah terpenuhi oleh orang lain. Maka saya secara pribadi menyimpulkan bahwa ilmu menjadi ibu atas anak-anak kita adalah ilmu fadhu 'ain karena kewajibannya tidak bisa terlepas meskipun sudah ditunaikan oleh orang lain.

Sebagai seorang ibu pun kita memiliki peran lain yang harus ditunaikan secara bersamaan yaitu sebagai seorang hamba Tuhannya, perempuan dan istri atas suami kita. Beruntungnya kewajiban sebagai seorang hamba sudah tertunaikan jika kita melaksanakan kewajiban sebagai seorang pribadi, istri dan ibu atas dasar niat untuk beribadah kepada Allah.

Berikut adalah hal yang saya temukan dari diri saya terkait ilmu-ilmu yang penting dalam rangka belajar sebagai ibu, yaitu:


Semoga hal ini menjadi langkah awal saya dapat menggali diri supaya semakin semangat untuk belajar yang pada akhirnya dapat memberikan dampak baik terhadap sekitar.

Saatnya mengikat makna. Terimakasih teruntuk bunda-bunda WI dan semua bunda yang sudah memberi harta karun.

#navigasidanberaksi
#matrikulasibatch8
#institutibuprofesional
#belajardarirumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar